JIN QORIN

JIN QORIN

Oleh : Abu Akmal Mubarok

Image

Qorin artinya adalah pendamping. Sedangkan jin qorin adalah jin yang ditetapkan Allah menempel dan mendampingi secara permanen pada setiap anak manusia yang dilahirkan di dunia ini.

Abdullah bin Mas’ud mengatakan Rasulullah s.a.w. bersabda : “Tidak seorang pun di antara kalian yang tidak diberi jin pendamping (Qorin)”. Para sahabat bertanya : “Termasuk Anda ya Rasulullah?” Jawab Nabi : “Ya, hanya saja aku mendapat pertolongan Allah sehingga jin pendampingku masuk Islam dan dia tidak mengajakku kecuali yang baik-baik saja”. (H.R. Muslim)

Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Yusuf dari Sufyan dari Manshur dari Salim bin Abu Al Ja’d dari ayahnya dari Abdullah ia berkata; Rasulullah s.a.w. bersabda: “Tidak ada seorang pun dari kalian kecuali ia ditemani oleh qarin (pendamping) dari bangsa jin dan qarin dari bangsa malaikat.” Mereka bertanya; Juga denganmu? Beliau menjawab: “Ya, begitu juga denganku, tapi Allah membantuku untuk mengalahkannya, sehingga ia masuk Islam.” Abu Muhammad berkata; Ada orang yang mengatakan; Ia masuk Islam dan menyerahkan diri, ia mengatakan; Ia tunduk. (H.R. Ad-Darimi No. 2618) Hussain Salim Assad Ad-Daroni mengatakan sanadnya shahih.

Dari ‘Aisyah r.a. istri Rasulullah s.a.w. menceritakan bahwa Rasulullah s.a.w.pada suatu malam keluar rumah. Lalu kata ‘Aisyah : “lalu saya merasa cemburu kepada beliau”. Lalu Nabi s.a.w.datang dan melihat tingkah saya. Lalu beliau bersabda : “Ada apa ‘Aisyah? Cemburukah engkau?” Saya menjawab : “mengapa tidak akan cemburu orang seperti saya ini terhadap orang seperti engkau?” Rasulullah s.a.w. bersabda :”Datangkah setanmu?” Jawab saya :”Ya Rasulullah apakah saya memiliki setan?” Jawab Nabi : “Ya”.  Saya bertanya : “Juga engkau ya Rasulullah?”  Jawab Nabi : Ya, tapi Rabbku menolongku untuk menguasainya hingga masuk Islam” (H.R. Muslim Jilid 1 No. 413)

Dari hadit-hadits di atas jelas diriwayatkan bahwa setiap manusia memiliki qarin (pendamping) dari kalangan jin dan malaikat. Dan ketika di akhirat kelak, jin Qorin dari manusia menolak dipersalahkan atas kesesatan anak manusia

Dan pendampingnya (Qorinuh) berkata : “ Ya Tuhan kami, aku tidak menyesatkannya namun dia sendiri yang berada dalam kesesatan”. Lalu Allah berfirman : “Jangan kalian bertengkar di hadapan Ku dan sungguh Aku telah memberikan kepada mu dulu” (Q.S. 50 : 27-28)

Walaupun setiap orang memiliki jin qorin yang suka menghembuskan bisikan bisikan jahat dan rasa was-was, namun setiap orang pun bisa mengalahkan atau minimal mengendalikan qorinnya

Sesungguhnya orang mukmin akan dapat mengendalikan (mengalahkan) qorin nya sebagaimana salah seorang dari kalian yang dapat mengendalikan untanya ketika bepergian" (H.R. Ahmad)

One thought on “JIN QORIN

  1. apakah QORIN ini merupakan bagian perjanjian antara Allah dg Iblis?
    dimana iblis memohon kpd Allah utk bisa menggoda manusia menuju kesesatan dan dijadikan golongan org2 merugi yg bakal masuk neraka, yg akan menemani iblis di dalam neraka jahanam.

    lalu apa manfaat Qorin bg manusia?
    padahal Allah menciptakan sesuatu dg manfaat yg mengiringinya…tdk ada yg sia-sia…krn pasti ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s